You are here: Home »

LANGKAT - “JICA” KERJASAMA TENTANG ADMINISTRASI BANGUNAN

Unknown Kamis, September 20, 2012 , 0

Stabat | Gloobalberita.com -Menindak lanjuti kesepakatan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono dengan Pemerintah Jepang dalam hal kerja sama terkait dengan Disaster Reduction pada tanggal 25 Juli 2006 yang disebut “Joint Announcement of the Japanese Prime Minister and the Indonesian President on the Cooperation between the Two Countries on Disaster Reduction”.


Pemerintah Indonesia dan Jepang mengadakan kerjasama teknis, Proyek Administrasi Bangunan Gedung dan Pengembangan Kapasitas Penegakan Hukum untuk Ketahanan Gempa.  “Kabupaten Langkat merupakan fase II dari kerjasama yang dilakukan” kata Kabag Pengendalian dan Pembangunan Biro Pembangunan Setdapropsu Surya mewakili Sekda seraya menjelaskan bahwa sebelumnya Fase I telah dilaksanakan di DIY, Sumbar dan Sumut mulai tahun 2007 hingga 2010 dimana Direktorat Jenderal Cipta Karya sebagai Executing Agency-nya saat berlangsungnya acara pembukaan Kick Off Meeting Implementation And Action Plan di aula Kantor Dinas Pekerja Umum Kab. Langkat, Kamis (20/9).

Kejasama yang dilakukan melalui Japan International Cooperation Agency (JICA) ini bertujuan untuk mendorong tersusunnya Perda bangunan gedung, meningkatkan kapabilitas aparat Pemda dalam penyelenggaraan bangunan gedung serta menyadarkan masyarakat pentingnya rumah tahan gempa, sebagaimana diketahui Indonesia merupakan Negara yang memiliki potensi gempa bumi tinggi.

Bupati Langkat H. Ngogesa Sitepu, SH menyampaikan bahwa bencana alam gempa bumi dan tsunami yang terjadi dibeberapa daerah diwilayah Indonesia yang berakibat korban jiwa, rusaknya rumah penduduk, bangunan gedung Pemerintah, tempat usaha serta infrastruktur lainnya, hal ini disebabkan antara juga karena belum memenuhi syarat rumah dan gedung yang ada secara teknis.

“Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Langkat menyambut baik upaya kerja sama ini” kata Bupati Ngogesa dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Staf Ahli bidang Pembangunan Eddy Dharma Tarigan, Ngogesa juga menyampaikan penghargaan dan terima kasihnya kepada pihak JICA yang diwakili para Expert baik ahli struktur maupun administrasi bangunan atas kerjasama dan bantuan teknis dalam program tersebut.

Sementara pihak JICA melalui Mr. Shirakawa Kazushi menjelaskan bahwa kerja sama yang akan dilakukan antara lain Peningkatan pemahaman persyaratan pokok  (Key Requirement) Membangun rumah yang lebih aman, dukungan teknis tentang administrasi bangunan gedung dan IMB, pelaksanaan sosialisasi sistem administrasi bangunan gedung dan standar teknis rumah sederhana serta penyelesaian buku pedoman pelaksana proses IMB rumah milik masyarakat.(Agung)


Foto :
Staf Ahli Bupati bidang Pembangunan Drs. Eddy Dharma Tarigan, M.Si duduk bersama perwalikan JICA Mr. Shirakawa Kazushi, Diraektur Penataan Bangunan & Lingkungan N.T.I. Bramono ST.MSc dan Kabag  Pengendalian dan Pembangunan Biro Pembangunan Setdapropsu Surya pada acara pembukaan Kick Off Meeting Implementation And Action Plan di aula Kantor Dinas Pekerja Umum Kab. Langkat, Kamis (20/9).

Staf Ahli Bupati bidang Pembangunan Drs. Eddy Dharma Tarigan, M.Si saat membacakan pidato tertulis Bupati Langkat H. Ngogesa Sitepu, SH pada acara pembukaan Kick Off Meeting Implementation And Action Plan di aula Kantor Dinas Pekerja Umum Kab. Langkat, Kamis (20/9).

About The Author

Adds a short author bio after every single post on your blog. Also, It's mainly a matter of keeping lists of possible information, and then figuring out what is relevant to a particular editor's needs.

Share This Article


Related Post

Tidak ada komentar:

Leave a Reply

Terima Kasih Telah Berkomentar. Komentar Kamu Sangat Berarti Buat Negara dan Juga Bangsa, Thanks A Lot