You are here: Home »

BB POM SUMUT TEMUKAN TAHU MENGANDUNG BORAKS

Unknown Jumat, Agustus 17, 2012 0

Bupati Langkat H. Ngogesa Sitepu, SH :
PERHATIKAN MAKANAN DAN JAJANAN
Stabat | Gloobal berita.com -Dalam pelaksanaan monitoring sembako jelang Idul Fitri di pasar tradisional Stabat, Pemkab Langkat bekerjasama dengan Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BB POM) Sumut menemukan tahu mengandung boraks yang berkategori bahaya untuk dikonsumsi.
“Sesuai penelitian lapangan yang kami lakukan terhadap sampel tahu kuning maupun putih positif mengandung boraks,” kata Ketua BB POM Sumut Agus Prabowo saat melaporkan kepada Bupati Langkat H. Ngogesa Sitepu, SH di rumah dinas, Rabu (15/8).
Menurut Agus, perlu dilakukan pembinaan terhadap para pedagang makanan, jajanan maupun minuman agar tetap mengedepankan keselamatan konsumen dengan meneliti kandungan masing-masing yang terdapat di dalamnya. “Perhatikan kekenyalan suatu makanan dan bila terlalu kenyal atau renyah patut diduga mengandung boraks,” ujarnya member tips.
Bupati Langkat dalam kesempatan itu menginstruksikan agar dinas terkait menindaklanjuti temuan, untuk tidak terjadi lagi, karena mungkin bisa saja akibat kurang pahamnya penjual atas hasil produk produsen, atau produsen yang mengesampingkan kesehatan produk yang dihasilkannya.
“Harapan kita masyarakat khususnya para orang tua untuk benar-benar menjaga keselamatan putra-putrinya, dengan memperhatikan secara serius makanan, minuman maupun jajanan yang dikonsumsi terhadap kandungan yang ada di dalamnya,” kata Bupati Ngogesa.
Sebelumnya Tim Ekonomi Pemkab Langkat yang dipimpin langsung Asisten Adm. Ekbangsos Indra Salahuddin serta sejumlah SKPD antara lain Kadis Perindag, Kadis Kesehatan, Kadis Pertanian, Kadis  Perikanan, Kadis Peternakan, Kakan Sapol-PP, Kabag Perekonomian dan Kabag Humas, terbagi dalam 5 Tim, masing-masing yakni Tim I Pajak Stabat, Tim II Pajak Tanjung Pura, Tim III Pajak Pangkalan Brandan dan Tim IV Pajak Kuala.
Selain mengecek unsur kadar makanan maupun minuman, tim yang juga meninjau sejumlah swalayan mengecek masa berlaku atau expired, ketersediaan barang dan harga. Secara umum untuk Kabupaten Langkat stock barang sembako maupun daging cukup serta harga masih dalam batas kewajaran
(Abu Hasan)

Keterangan Foto :
1. Sidak Pasar: Ketua BB POM Sumut Agus Prabowo didampingi Kadis Peternakan M. Tambeng, Kadis Perindag Basrah, Kabag Perekonomian Syahriza serta Kakan Satpol PP Kab Langkat saat mengadakan sidak pasar di Pasar Baru Stabat.
2. Sidak Pasar: Tak hanya di pasar tradisional, Ketua BB POM Sumut Agus Prabowo didampingi Asisten Ekbangsos Indra Salahuddin bersama SKPD terkait melakukan sidak di pasar swalayan seputaran Stabat.

About The Author

Adds a short author bio after every single post on your blog. Also, It's mainly a matter of keeping lists of possible information, and then figuring out what is relevant to a particular editor's needs.

Share This Article


Related Post

Tidak ada komentar:

Leave a Reply

Terima Kasih Telah Berkomentar. Komentar Kamu Sangat Berarti Buat Negara dan Juga Bangsa, Thanks A Lot