You are here: Home »

Potensi Alam Labura Miliki Batubara,Minyak,Gas Bumi dan Granit

Gloobal Berita. Selasa, September 18, 2012 0


Pandan | Gloobalberita.com Ada yang menarik dari beragam stand pameran yang dipertontonkan tiap daerah kabupaten/kota yang mengikuti ajang Jambore Teknologi Tepat Guna (TTG) XII dipusatkan di Kabupaten Tapanuli Tengah. Salah satunya, stand Kabupaten Labuhan Batu Utara (Labura).
Tak dipungkiri, kabupaten ini memang masih terhitung jari dalam hal tatanan pemerintahan maupun berbagai sektor pembangunan daerah. Artinya, Labura baru terhitung 4 tahunan silam melepaskan diri dari kabupaten induk, yakni Kabupaten Labuhan Batu. 


Kendati demikian, Labura yang masih seumur jagung itu tak dapat dipandang sebelah mata. Hanya dengan segelumit pengalamannya, Bupati Labuhan Batu Utara H. Kharuddinsyah, SE atau akrab disapa Haji Buyung ini sudah mampu meningkatkan ekonomi masyarakat setempat.

Hanya terhitung sekira setahun lebih menjabat sebagai Bupati, Kharuddinsyah sudah mampu menaikan anggaran ABPD sebesar Rp560 miliar lebih dari sebelumnya Rp360 miliar.

"Kita targetkan, 2015 APBD Kabupaten Labura mampu mencapai angka triliunan rupiah. Ini bukan omongan saja. Tetapi, di 4 dari 8 kecamatan di Labuhan Batu Utara ternyata menyimpan potensi alam yang bernilai tinggi. Di Kecamatan Kualuh Selatan ditemukan Batubara yang bernilai tinggi. Kecamatan Merbau ditemukan minyak, Kecamatan Eko terdapat gas bumi, dan Kecamatan Kualuh ada juga terdapat batu granit. Saat ini sudah dilakukan proses eksplorasi," tutur Bupati Kharuddinsyah saat ditemui Analisa di stand pameran Jambore TTG Kabupaten Labura di pantai Indah Kalangan, Pandan, Tapteng, Kamis (13/9).

Bupati didampingi Kaban PMD Labura Drs. Edi Sampurna Rambe, MSi, Kaban Pemberdayaan Perempuan, Anak dan Keluarga Berencana (PPAKB) Dra. Nur Sa’ada Lubis, Kabag Humas dan Infokom Setdakab Labura Syahrul Adanan Hasibuan, SE dan Kabid UEM Muhammad Ikhsan, SSTP, MAP.

Tak hanya itu, Kharuddinsyah mengaku, tak hanya bertumpu pada ABPD Labuhan Batu Utara semata dalam membangun daerah yang dipimpinnya itu. "Kita tetap libatkan stakeholder lainnya dalam pembangunan daerah. Di Labura banyak terdapat perusahaan-perusahaan berskala besar, sehingga dana-dana Corporate Social Responsibility (CSR) di tiap perusahaan turut andil baik itu membangun sekolah-sekolah, Puskesmas dan lainnya. Di Labura beberapa Puskesmas sudah terdapat rawat inap yang memiliki fasilitas yang memadai. Tentunya, itu semua terwujud berkat kerjasama dan sama-sama bekerja di segala lapisan masyarakat Labuhan Batu Utara, tanpa membeda-bedakan antara satu dengan lainnya," ucap Bupati.

Dari langkah dan strategi ini, sambung Kharuddinsyah lagi, Kabupaten Labura mampu menorehkan prestasi gemilang sebagai daerah Otonomi terbaik se Indonesia. "Alhamdulillah, semua itu tercapai berkat kegigihan masyarakat Labura dalam berpartisipasi dan turut serta membangun daerah. Tanpa dukungan seluruh lapisan Saya (Bupati-red) pasti tidak dapat berbuat untuk kemajuan daerah," tukasnya.

Terkait pameran teknologi yang dipertunjukan Labura, Kabid UEM Muhammad Ikhsan kepada Analisa menjabarkan, inovasi tepat guna yang ditinjolkan berupa mesin pencuci getah (karet). Mesin yang diciptakan Nimbrot Siahaan warga Desa Bandar Selamat Kecamatan Aek Kuo ini, mampu mencuci dan menghilangkan kotoran-kotoran pada getah kotor yang tak dapat dijual ke pabrik (sortiran), sehingga getah yang sudah bersih hasil dari mesin pencucian getah ini dapat laku dijual ke pabrik.

"Biaya pembuatan mesin ini berkisar Rp25 jutaan. Mesin ini diproyeksikan mampu mengolah getah kotor menjadi bersih hingga bernilai tinggi, dengan perhitungan 3 ton getah selama 12 jam dalam keadaan operasi normal," tuturnya.

Selain itu, mesin pemotong singkong. Mesin ini diciptakan Alm. Selamat warga Kelurahan Aek Kanopan Kecamatan Kualuh Hulu berguna untuk memudahkan para pelaku usaha keripik singkong, dalam proses memotong (mencacah) hingga penggorengan.

"Mesin ini, memberikan efisiensi waktu yang cepat, praktis dan mudah. Dalam pengoperasian mesin ini, mampu memotong/mencacah singkong sebanyak 100 Kg singkong selama 1 jam pengoperasian termasuk menggoreng keripik singkong tersebut, sementara secara manual 1 jam hanya mampu mencacah singkong sebanyak 3 Kg diluar proses penggorengan. Sebabnya, ketika alat ini mencacah singkong, maka irisan singkong langsung jatuh ke wadah penggorengan yang terdapat langsung dibawah alat tersebut, sehingga secara ekonomis alat ini sangat mendukung pertumbuhan ekonomi kerakyatan atau pelaku usaha kecil," beber Ikhsan.

Lapangan Kerja

Menanggapi teknologi ini, Bupati Kharuddinsyah menyatakan, teknologi tepat guna ini bukan saja sangat bermanfaat bagi kehidupan masyarakat, melainkan turut serta membuka peluang lapangan kerja bagi masyarakat Kabupaten Labura.

"Sama-sama kita ketahui, Labura potensial dibidang perkebunan baik kelapa sawit maupun karet, sehingga getah karet yang tak dapat dijual ke pabrik tentunya dapat dikelola masyarakat untuk dijual kembali ke pabrik, sehingga memberikan income yang sangat menjanjikan. Sebab, nilai jual getah bersih hasil pengolahan mesih pencuci getah itu sama dengan nilai jual getah sortiran," sebut Bupati.

Demikian dengan mesin pemotong ubi. Tentunya, lanjut Kharuddinsyah, pelaku usaha home industry sudah dimudahkan dengan adanya mesin berteknologi tepat guna ini. "Kalau mesin pencuci getah sudah dibina sejak 3 tahun di dua kecamatan, sedangkan mesin pemotong ubi (singkong) sudah dibina sampai di 5 kecamatan dari 8 kecamatan yang ada di Labura. Insya Allah, dengan waktu 1 tahun 8 bulan ini saya menjabat Bupati, ke depannya dapat ditingkatkan lagi. Sebab, bila membangun suatu daerah tidak dapat hanya sebatas ucapan tanpa ada perbuatan nyata yang kita lakukan," pesan Kharuddinsyah yang pernah menjadi anggota DPRD Sumatera Utara ini. (U.Harianto)

About The Author

Adds a short author bio after every single post on your blog. Also, It's mainly a matter of keeping lists of possible information, and then figuring out what is relevant to a particular editor's needs.

Share This Article


Related Post

Tidak ada komentar:

Leave a Reply

Terima Kasih Telah Berkomentar. Komentar Kamu Sangat Berarti Buat Negara dan Juga Bangsa, Thanks A Lot